Nasib Anak Petani Singkong Terpilih Menjadi Bupati

0
50
Bupati Halsel H. Usman Sidik

Malutdetik.com, HALSEL– Profesi petani kerap dikesampingkan atau diremehkan, bahkan jerih payah para petani sendiri tidak dihargai dan dipandang sebelah mata. Apalagi hanya seorang petani singkong tentunya dipandang sangat rendah karena hasil jerih payah atau pendapatannya sangat minim, jika dibandingkan dengan pendapatan seorang petani anggur tentunya pendapatan mencapai ratusan juta bahkan miliyaran rupiah.

Padahal petani adalah profesi yang mulia, bahkan banyak anak-anak petani sukses menjadi guru, insinyur, dokter, polisi, jakasa, hakim dan bahkan ada yang menjadi seorang kepala daerah. Buktinya, nama Usman Hi Sidik yang kini menjabat sebagai Bupati Halmahera Selatan periode 2021-2025 adalah anak seorang petani singkong Usman Hi Sidik merupakan anak kedua dari tujuh bersaudara, ayahnya bernama Hi. Sidik Malan (almarhum) dan ibunya Hj. Alwia Hi Badi kedua pasangan ini lahir dan menetap di desa terpencil dibawah garis katulistiwa, yakni Desa Orimakurunga, Kecamatan Kayoa Selatan, Kabupaten Halamahra Selatan.

Perjuangan seorang ayah/ibu tentunya sangat berat tetapi demi untuk membahagiakan anak-anaknya, meskipun membakar diri dibawah terik matahari panas mereka tetap bertahan dan terus menggali lubang untuk menanam pohon singkong, inilah kisah yang dilakukan “Almarhun Hi Sidik Malan” semasa hidupnya. Seandainya, Almarhum Hi Sidik Malan saat ini beliau masih hidup tentunya sangat bahagia dan bangga ketika melihat anakanya sukses dan berhasil menjadi seorang kepala daerah (Bupati Halsel).

Kisah lama Usman Hi Sidik juga pernah mengalami masa-masa kesulitan sekitar tahun 1990 dia pernah menjadi buru di Pelabuhan Bastiong Kota Ternate, kemudian dia juga merantau di pesisir Gane Barat, Gane Timur dan Pulau Bacan. Untuk mengubah nasib Usman kemudia memilih pofesi menjadi wartawan di koran Mimbar Kieraha, tabloid Gema Nusantara dan wartawan RCTI, setelah itu dia kembali mengadu nasib terakhir di Jakarta (DKI) disitulah kesuksesan dan kemberhasilan Usman Hi Sidik menjadi seorang  pengusaha dan politisi sampai menjadi Bupati Halsel.

Meskipun latar belakang kedua orangtuanya merupakan petani singkong, namun Usman Hi Sidik tetap berusaha dan kerja keras untuk mencapai cita-citanya dan menjadi seorang pengusaha sukses dan politisi di Jakarta (Ibu Kota Negara) yakni Pengurus DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Berkat kerja kerasnya, diawal tahun 2019 lalu Usman Hi Sidik kemudian meminta restu dari ibunya Hj. Alwiya Hi Badi bersama sang istri Hj. Eka Dahliani Abusama untuk mencalonkan dirinya sebagai Bupati Halmahera Selatan tahun 2020.

Kemudian pada tanggal 9 Desember 2020, masyarakat Halmahera Selatan kembali memilih pasangan Calon Bupati Halsel Nomor Urut (02) Usman Hi Sidik dan Hasan Ali Basam Kasuba (Usman-Bassam) dengan perolehan jumlah 62.348 suara. sementara pasangan Calon Bupati Halsel Nomor Urut (01) Helmi Umar Muksin La Ode Arfan (Hello) merai jumlah 51.097 suara dan atau selisi 11.251 suara. Atas perolehan jumlah suara terbanyak pasangan Usman-Bassam kemudian ditetapakan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2021-2025. (Red/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here